Pemerintah Kabupaten Kebumen dan Masyarakat Kebumen menyambut gembira dengan ditetapkanya Geopark Karangsambung Karangbolong sebagai Geopark Nasional.

 

Foto : Humas Kebumen

 

Foto : Humas Kebumen

 

Foto : Humas Kebumen

Kegembiraan ini tentu bukan tanpa alasan, karena Konsep Geopark yang diusung Pemerintah Kabupaten Kebumen yang didukung oleh BIKK LIPI Karangsambung sudah direncanakan sejak tahun 2016. Dalam kurun waktu 2 tahun Pemda Kebumen sangat massiv mengusulkan Konsep Geopark.

 

Dengan ditentukanya menjadi Geopark Nasional tentunya diharapkan Konsep Geopark dapat membawa dampak positif untuk kemajuan pembangunan ekonomi berkelanjutan dengan mengedepankan aspek konservasi, aspek pendidikan, aspek pertumbuhan ekonomi lokal (pariwisata) dengan melibatkan masyarakat.

Harapan itu tercermin pada Logo Geopark Karangsambung Karangbolong yang memiliki makna yang mendalam.

Foto : Facebook Geopark Kebumen

Logo Geopark Karangsambung-Karangbolong memiliki makna:

  1. Geopark merupakan konsep pembangunan kawasan yang mengintegrasikan antara geodiversity, biodiversity dan culturediversity. Ketiga gunung melambangkan ketiga komponen tersebut yang disatukan dalam satu lingkaran merah menuju peningkatan ekonomi lokal dalam bingkai NKRI.
  2. Gunungan dengan pohon kehidupan dan burung lawet berwarna coklat melambangkan identitas Kabupaten Kebumen dengan kekayaan budaya dan hayati. Warna coklat mencerminkan klasik, warna bumi.
  3. Bukit dengan warna Biru dengan garis tegas, simbol perbukitan Melange Karangsambung yang dihasilkan oleh patahan. Warna biru mencerminkan dinamika menuju keseimbangan.
  4. Bukit dengan warna Hijau; simbol kawasan karst Karangbolong. Warna hijau mencerminkan keharmonisan, kelestarian.
  5. Lengkungan warna biru muda: mencerminkan sungai bawah tanah di kawasan karst dan laut.
  6. 2 (dua) Lengkungan mencerminkan 2 lempeng bumi, warna coklat menggambarkan lempeng benua sedangkan warna coklat kemerahan melambangkan lempeng samudera yang bertemu pada zone subduksi di daerah Karangsambung.

 

Kawasan Geopark Karangsambung Karangbolong luasnya 543.599 Km² yang mencakup 12 Kecamatan dengan 117 Desa. Ada 41 situs geologi (geosite).  Kawasan ini terbagi menjadi 3 Sub-Kawasan:
1. Kawasan Karangsambung (Utara)
2. Kawasan Sempor (Tengah)
3. Kawasan Pesisir Ayah (Selatan)

Foto : Facebook Geopark Kebumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *