Karangsambung secara Geologi memang dataran yang terbentuknya sangat unik. Salah satu keunikan yang ada adalah Batu Watutumpang. Batu Watutumpang terletak di Dukuh Watutumpang, Desa Karangsambung. Lokasi batu terletak di tengah tegah areal permukiman warga.

Batu Watutumpang Sangat Unik, karena letak dan posisi batu seperti di tumpuk rapih dan terkunci. sehingga posisi batu yang tertumpuk terlihat sangat kokoh. tidak hanya itu keunikanya, di tengah-tengah batu yang tertumpuk sangat kokoh berdiri sebatang Pohon Mangir yang besar dan kokoh yang umurnya sudah beratus-ratus tahun. Menurut salah satu sesepuh warga Mbah Arjo mengatakan bahwa,”Wit sing nang tengah tengah watutumpang wis kat zaman wong tuaku biyen pas tesih urip, pas jaman wong tuaku esih nom wite wis gede kaya wit sing siki, siki umurku wis 92 tahun, wit mangir kui bisa nylumsumi ganti kulit dadi ora penah mati. (Pohon Mangir yang terletak di tengah-tengah watutumpang sudah ada dari zaman orang tua saya masih hidup, dan pohonya waktu orang tua saya masih muda juga sebesarĀ  pohon yang sekarang, sekarang umur saya sudah 92 tahun. pohon itu selalu berganti kulit dan tidak pernah mati)”. Dari Kisah Mbah Arjo bisa di ambil kesimpulan bahwa pohon mangir itu sudah berumur kisaran 100-200 tahun.

 

Kunjungan Pak Deksi Guide HPI Kebumen

 

Kunjungan Pak Deksi Guide HPI Kebumen

Menurut Cerita Masyarakat yang ada, dan di iyakan oleh Mbah Arjo (92 Th). Dulu Watutumpang dijadikan tempat Bertapa untuk mencari ilmu kanuragan. karena konon terdapat Goa di dalamnya. Sukirman (45 Th) mengatakan bahwa,”akeh wong sakti biyen pada tapa nang watutumpang, wong sakti bisa deleng nek nang njero watutumpang ana Goane, Ragane bertapa, ruhe mlebu meng jero goa. Kesenian-kesenian anyar sing nembe kebentuk, biasane bukak seni pertamane juga di tampilaken nang watutumpang, ben apik, kompak lan laris keseniane. (Banyak Orang sakti dahulu bertapa di watutumpang, orang sakti itu bisa melihat ada goa di dalam batu, Badan mereka bertapa, tetapi ruh nya masuk dalam goa, kesenian kesenian yang baru diririkan juga biasanya di tampilkan pertama di watutumpang, biar kesenianya Bagus, Kompak dan Laris).

Lokasi Bertapa

 

Batu Watutumpang yang unik ini masih menyimpan sejuta mesteri. jika di lihat dari kacamata sejarah peradaban manusia dan geologi menyimpak banyak pertanyaan, “apakah batu ini tertata oleh peradaban manusia jaman dulu, atau memang terbentuk secara alami?”. hal ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. sehingga perlu dikaji lebih dalam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *